Info Terbaru 2022

Cara Mengukur Prestasi Belajar

Cara Mengukur Prestasi Belajar
Cara Mengukur Prestasi Belajar
Cara mengukur prestasi belajar yang selama ini dipakai ialah dengan mengukur tes-tes, yang biasa disebut dengan ulangan. Tes dibagi menjadi dua yaitu: tes formatif dan tes sumatif.


Tes formatif ialah tes yang diadakan sebelum atau selama pelajaran berlangsung, sedangkan tes sumatif ialah tes yang diselenggarakan pada ketika keseluruhan acara berguru mengajar, tes sumatif merupakan ujian akkhir semester.
Menurut Suharsimi Arikunto dalam bukunya Evaluasi Pendidikan (1986: 26) menyebutkan “ Tes dibedakan menjadi tiga macam yaitu tes diagnostik, tes formatif, tes sumative
  1. Tes diagnostik ialah tes yang dipakai untuk memilih kelemahan dan kelebihan siswa dengan melihat gejala-gejalanya sehingga diketahui kelemahan dan kelebihan tersebut pada siswa sanggup dilakukan perlakuan yang tepat.
  2. Tes formatif ialah untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami suatu satuan pelajaran tertentu. Tes ini diberikan sebagai perjuangan memperbaiki proses belajar.
  3. Tes sumatif sanggup dipakai pada ulangan umum yang biasanya dilaksanakan pada selesai catur wulan atau semester. Dari tes sumatif inilah prestasi berguru siswa diketahui. Dalam penelitian ini penilaian yang dipakai ialah dalam jenis yang di titik beratkan pada penilaian berguru siswa di sekolah yang dilaksanakan oleh guru untuk mengetahui prestasi berguru siswa.
Sebagaimana yang telah diuraikan di atas bahwa tes ini  dilaksanakan dengan banyak sekali tujuan. Khusus terkait dengan pembelajaran, tes ini sanggup berkhasiat untuk mendeskripsikan kemampuan berguru siswa,  mengetahui tingkat keberhasilan PBM, memilih tindak lanjut hasil penilaian, dan memperlihatkan pertanggung tanggapan (accountability).


Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90