Info Terbaru 2022

Cara Berguru Efektif

Cara Berguru Efektif
Cara Berguru Efektif
Menurut The Liang Gie ada 4 macam Cara Belajar Efektif yaitu:  Keteraturan, Disiplin belajar, Konsentrasi dan  Pemakaian perpustakaan (The Liang Gie, 1988 : 57 – 65)


Ada beberapa Tips/Cara Belajar Efektif, silahkan disimak:

1) Keteraturan dalam belajar
Cara berguru yang efisien mengandung asas-asas tertentu yang tidak saja untuk dipahami melainkan lebih dihayati sepanjang masa dalam belajarnya. Asas yaitu suatu dalil umum yang sanggup diterapkan pada suatu rangkaian acara untuk menjadi petunjuk dalam melaksanakan tindakan-tindakan.
Dalam belajar yang baik / cara berguru yang efektif efi­sien, yang menjadi pokok pangkal pertama ialah adanya suatu keteraturan, baik dalam belajar, mencatat ataupun menyimpan alat-alat perlengkapan untuk belajar.

2) Disiplin belajar
Asas lain cara berguru yang baik ialah disiplin. Dengan jalan berdisiplin untuk melaksanakan pedoman-pedoman yang baik di dalam perjuangan belajar, barulah seseorang mempunyai cara belajar yang baik. Karena berdisiplin selain akan membuat seseorang mempunyai kecakapan mengenai cara belajar yang baik juga merupakan suatu proses kearah pembentukan akhlak yang baik yang akan membuat langsung yang luhur. Dengan demikian cara belajar yang baik adalah suatu kecakapan yang sanggup dimiliki seseorang dengan jalan latihan.

3) Konsentrasi
Setiap orang yang sedang menuntut ilmu harus melaksanakan konsentrasi dalam belajarnya, lantaran tanpa konsentrasi dalam belajarnya, tak mungkin berhasil menguasai   pelajaran  yang  diberikannya.   Konsentrasi   adalah   pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan memberikan semua hal lainnya yang tidak berhubungan.

4) Pemakaian perpustakaan
Selain keteraturan, disiplin dan konsentrasi masih ada satu hal lagi yang perlu dijadikan pedoman, yaitu perpustakaan, lantaran tidak ada berguru yang sanggup dilaksanakan tanpa bacaan dan gudang bacaan itu hanya terdapat dalam perpustakaan .
Perlunya pemakaian kepustakaan lantaran tidak ada berguru yang sanggup dilaksanakan tanpa buku bacaan, minat baca untuk meningkatkan prestasi belajar.


Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90